Sunday, February 14, 2010

Insan Muda Indonesia 661 - 23 November 2009

Insan Muda Indonesia 661 – 23 November 2009

Pernah nonton film 300? 300 adalah Film produksi Hollywood tahun 2007, yang diadaptasi dari Graphic Novel dengan judul sama: 300 karya Frank Miller. Cinematography film itu begitu apik, teliti, dan detail sehingga membuat Film yang setiap scene-nya begitu taat dan akurat mengikuti storyboard di edisi Graphic Novel-nya ini menjadi tontonan yang amat menarik.

300 diadaptasi dari peristiwa sejarah Pertempuran Thermophylae di tahun 480SM, dimana Raja Leonidas dari Sparta (540 – 480 SM) melawan invasi Raja Xerxes I dari Persia (519 – 465 SM) dan 250,000 pasukannya hanya dengan 300 laskar Sparta!!! Leonidas dengan 300 pasukan elit negri Sparta bergabung dengan pasukan koalisi dari seluruh Yunani yang berjumlah kurang lebih 7000 orang telah siap melawan invasi 250,000 laskar Persia yang jauh di atas mereka dalam hal jumlah, kemampuan tempur, dan juga kelengkapan senjata.

Leonidas, ke-300 laskar Sparta, dengan gabungan kekuatan Yunani lainnya sudah tahu bahwa mereka akan kalah dari Persia, namun mereka maju ke garis terdepan pertempuran dalam keadaan siap berkorban jiwa demi pertiwi. Merdeka atau Mati! Mereka tidak sudi tanah Yunani dijajah oleh bangsa asing.

MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.
Sekali berarti
Sudah itu mati.
(Puisi: Diponegoro, Karangan Chairil Anwar)

Dimulailah sebuah perang yang dikenang sepanjang masa dalam sejarah yang melibatkan dua kekuatan yang tidak imbang sama sekali, dimana pihak yang kalah tercatat dalam keabadian sejarah. Hasilnya, sudah bisa ditebak dengan logika, Leonidas dan kesemua 300 laskar Sparta tewas dalam pertempuran tersebut. Sekali Berarti Sudah Itu Mati! Leonidas dan ke 300-laskar Sparta abadi dalam tiap guratan pena sejarawan, hidup beribu tahun dalam hikayat kepahlawanan. Thermopylae 480SM: Sebuah Metafora kontradiksi antara Kemerdekaan dan Penjajahan. Sebuah kekalahan Patriotisme, Persatuan, dan Cinta tanah Air dalam medan pertempuran, yang menjadi abadi dalam balada kepahlawanan Bangsa Yunani.

MAJU
Bagimu Negeri
Menyediakan api.
Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas.
(Puisi: Diponegoro, Karangan Chairil Anwar)

Insan Muda Indonesia didirikan 22 Agustus 2009 sebagai antitesis dari sempitnya ego-ego individual, religi, kultur, tribal, kelompok, golongan, dan ego-ego sempit lainnya. Insan Muda Indonesia meyakini Takdir Sejarah Bangsa Indonesia untuk menjadi Mercu-Suar Dunia, mencapai Puncak Kemegahan nan Agung, seperti Masa Dinasti Majapahit, dapat dicapai dengan AZIMAT SAKTI: Persatuan, dan Cinta Tanah Air.

Seperti Anti-tesis Kemerdekaan kontra Penjajahan pada Thermopyale 480SM, Insan Muda Indonesia (2009) menyerukan pada segenap Bangsa Indonesia untuk BERSATU, dan MENCINTAI IBU PERTIWI INDONESIA, untuk bersama menggenggam TAKDIR SEJARAH BANGSA GARUDA.

Suatu hal yang amat menggembirakan, bahwa sampai hari ini anggota Insan Muda Indonesia di Facebook Group sudah mencapai 661 anggota per 23 November 2009 18:00 WIB. INDONESIA BISA, PASTI BISA, dan HARUS BISA, karena KALIAN SEMUA MASIH PEDULI!

Petikan bait Chairil Anwar dalam puisinya: Catetan Th 1946, melukiskan dengan romantik suatu moment sejarah yang tercatat dalam keabadian sebagaimana seharusnya:

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu
Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat.
(Puisi: Catetan Th. 1946, Karangan Chairil Anwar)

Untuk Pertempuran Thermopylae, tidak semua dicatat walau semua dapat tempat. Epos sejarah kuno baik barat maupun timur, dari Kisah Tiga Negara-nya Tiongkok, Illiad dan Oddyssey-nya Yunani, Mahabharata-nya India, hanyalah mencatat kegagahan, kepahlawanan, keberanian, dan segala tindak-dan-laku kelas Penguasa, Raja, Bangsawan, Satria, Jenderal, Panglima, Laksamana, dan juga Pendeta. Rakyat terbungkam dalam tiap balik lembar halaman kitab sejarah yang penuh oleh hiruk-pikuk nama para Penguasa. Mereka disebut tanpa-nama, sebagai jumlah, sebagai angka. Leonidas dapat tempat dan tercatat. Yang lain Cuma disebut sebagai the 300 Spartans! Mereka mati dalam kesunyian sejarah sebagai angka tanpa nama!

Insan Muda Indonesia berterima-kasih pada ke 661 anggota yang sudah bergabung di Facebook Group Insan Muda Indonesia, dan mengajak keseluruh 661 Insan Indonesia untuk bersama bergandengan tangan dalama Baluran Sang Saka Merah Putih, dan bersama-sama menyerukan BHINNEKA TUNGGAL IKA. Dan ke 661 anggota yang sudah bergabung pada hari ini, akan dapat tempat, tercatat dalam ukiran dalam Prasasti Sejarah Kebangkitan Kembali Bangsa Garuda. Ayo, ajak semua sahabat, kerabat, semuanya bergabung dalam Facebook Group: Insan Muda Indonesia! Dukung target Insan Muda Indonesia untuk mempunyai 1000 anggota di Facebook Group pada akhir 2009!

Dan kita akan memulai sebuah Sejarah di awal tahun 2010 dengan 1000 manusia yang siap mengguncang Gunung Semeru! 1000 Insan Muda Indonesia yang satu dalam tekad Persatuan dan Cinta Tanah Air akan membuat sejarah yang lebih heroik dari Leonidas dan 300 laskar Sparta-nya di tahun 480SM!

Semua dicatat, Semua Dapat Tempat!

Merdeka! Jayalah Indonesia kita semua!
Atas Nama Bangsa Indonesia;

Jakarta 23 November 2009, 18:50 WIB
Insan Muda Indonesia

Tulisan ini juga dimuat di Facebook Group Discussions: Insan Muda Indonesia

No comments:

Post a Comment